Friday, July 3, 2009

SABAR ...

Mudah mengatakannya. Tetapi tidak mudah melakukannya. Apalagi kalau kesabaran itu dibutuhkan pada saat kita sedang berada dalam posisi sulit untuk ... bersabar.

Patience is the greatest of all virtues (Brian Adams) - seandainya saja ... setiap orang mau melaksanakannya, maka betapa indahnya kehidupan di dunia ini. Dari segudang kebajikan manusia, terutama di saat tidak memiliki apa-apa, barangkali kesabaranlah yang paling bernilai. Kesabaran ternyata mampu menguatkan iman kita. Bahkan segantang otak brilian pun belum tentu mampu menandingi apa yang disebut kesabaran - a handful of patience is worth more than a bushel of brains (Dutch proverb).

Meskipun demikian, patience has its limits; take it too far, and it's cowardice, kata George Jackson (1941-1971). Kegundahan, kegelisahan, rasa was-was dan kekhawatiran yang berlebihan, perasaan kesal yang mendalam, ketidak puasan, kekecewaan, dan segudang emosi terpendam lainnya membutuhkan obat yang mujarab. Patience is the best remedy for every trouble, kata Titus Maccius Plautus (254BC-184BC). 

Have courage for the great sorrows of life and patience for the small ones; and when you have laboriously accomplished your daily task, go to sleep in peace. God is awake (Victor Hugo 1802-1885). Di balik itu semua, ada sebuah pelajaran kehidupan yang paling bernilai untuk dipelajari dengan seksama dan cermat ... KEIKHLASAN ... sincere ...

Kesabaran yang terkendali akan memberikan kita peluang untuk mempelajari tahap berikutnya tersebut.

1 comment: