Sunday, June 21, 2009

PUBLIC RELATIONS & EVENT MANAGEMENT (Part 2)

Event terbagi atas berbagai macam kategori dan jenis. Tiap event bisa saja merupakan gabungan (kolaborasi) dari beberapa jenis. Misalnya ada pameran yang dilengkapi dengan seminar, press conference dan kunjungan ke pabrik (factory visit). Berikut ini adalah jenis-jenis event berdasarkan kategori masing-masing.

Corporate Events
(pengertian corporate bukan hanya untuk perusahaan, tetapi juga untuk organisasi / institusi / lembaga)


Shareholder Meeting (RUPS)
Board Meeting (Rapat Dewan Direksi)
Annual Meeting (Rapat Kerja Tahunan)
Dealers/Distributors Meeting
Press Conference (Jumpa Pers), Press Tour/Visit
Product Launching (Peluncuran Produk)
In-House Training
Marketing Gathering
Corporate Anniversary
Employee’s Gathering atau Family Gathering
Workshop, seminar, convention, symposium, congress
Open House (biasanya di lembaga pendidikan)
Exhibition (pameran tunggal atau ikut serta di pameran lain)
Religious/Holiday/Social Corporate Events
Tea Walk, Outing / Outbound (outdoor sport corporate event)
Appreciation Reward (bisa untuk karyawan/internal, atau bisa juga untuk nasabah/eksternal)
 Peresmian kantor/cabang baru (official corporate event)
 Serah Terima Jabatan/Pelantikan (official corporate event)
 Penanda-tanganan Perjanjian Kerja Sama/MOU (official corporate event)
IPO Expose (official corporate event)
other meetings (kategori Convention yang dipakai di sini), dll.

Convention (juga berlaku untuk organisasi / institusi / lembaga)

Conference (konperensi)
Congress (kongres)
Convention (konvensi)
Summit Meeting (KTT)
Assembly Meeting 
Plenary Meeting (sidang paripurna)
Break-Out Meetings (rapat kelompok/komisi/bidang)
Conclave (rapat tertutup pemiulihan Paus di Vatican)
Seminar (bersifat umum atau teknis)
Workshop (bersifat umum atau teknis)
Discussion (Panel, Round Table, Open)
Business Forum
Governmental Meetings (Regional, International)
Colloquium, Symposium (banyak dipergunakan oleh perguruan tinggi/akademisi dan kalangan pharmaceutical dan medical community)
 MUNAS, MUSDA, MUKTAMAR
 RAKERNAS, RAKERDA, RAKER, dll.

Exhibition

 Pekan Raya (Expo/Fair)
 Pasar Murah (Bazaar)
 Pameran Dagang (Trade Exhibition) - general, specific, serial, annual, biennal
 Pameran Penjualan (Sales Exhibition) - s.d.a.
 Pameran Eceran (Retail Exhibition) - s.d.a.
 Pameran Pemasaran Perdana (Market Launch Exhibition)
 Pameran Musiman (Seasonal Exhibition)
 Pameran Tetap (Permanent Exhibition/Showroom)
 Pameran Keliling (Roadshow)
 Pameran Kebudayaan/Non-Komersial (Cultural/Non-Commercial Exhibition), dll

Social Events

Fund Raising (kadang kala dengan lelang)
Wedding (traditional / modern)
Graduation (Wisuda), Dies Natalis, Lustrum
 Upacara Kenegaraan
Birthday Party (pesta ulang tahun)
Women Gathering
 Halal Bihalal, Qurban, Buka Puasa Bersama, Natal Bersama, Paskah, Retret
 Pemakaman, Pemakaman Kenegaraan, dll.

Outdoor Events

Summer Camp, camping, rock climbing, caving
Jamboree (international, regional, national), Raimuna
Outbound / Outing, Tea Walk, adventure trip
Parade / Carnival, demo
Long March, 5K / 10K, Tea Walk, any outdoor sport activities
Winter Ice Carving, dll.

Sport Events (bisa indoor maupun outdoor)

Summer Olympic, Winter Olympic
Olympic for Handicaps
Asian Games, SEA Games
World Cup
Tournament
Racing, Rally, Off Road
Crushbone, Street Ball, Futsal, Boladiator, dll.

Competition Events (bisa indoor maupun outdoor)

 Pemilihan Putri Indonesia, Abang None Jakarte
 Olimpiade Fisika, Olimpiade Matematika
 PILDACIL, MTQ
Indonesian Idol, AFI, KDI, Festival Nasyid, Asia Bagus
 Lomba Band SMU, Pemilihan Bintang Radio
Fear Factor, dlsb.

Traditional Events

 Eka Dasa Rudra (sebuah acara keagamaan Hindu Bali, sekali dalam seabad, terakhir tahun 1979)
 Pemakaman Tradisional (a.l. Ngaben in Bali, atau di Tana Toraja etc.)
 Karapan Sapi di Madura
 Sekaten di Yogyakarta
 Metatah (perataan/pengasahan gigi pada gadis yang baru memasuki usia dewasa di Bali)
 dan masih ratusan traditional events di tiap daerah Indonesia

Catatan : Semua acara/upacara tradisional yang akan di “komersial”kan (dijadikan objek wisata dll.) perlu dikelola oleh EO yang profesional

Kadangkala pengelompokan event juga didasarkan pada hal-hal berikut ini :
• Frekuensi penyelenggaraan (annual, biennal, summer, winter, monthly, weekly, quarterly, dll.)
• Cakupan geografis (regional, national, international, ASEAN, AsPac, European, North American, South American, South Asia, dll.).

(BESAMBUNG)

No comments:

Post a Comment