Monday, December 27, 2010

Sederhana dan Luar Biasa

Apabila kita pergi ke mall atau pusat perbelanjaan lainnya, cobalah untuk mampir ke bagian peralatan dapur dan cobalah melihat ke bagian yang secara khusus men-display gelas dan cangkir. Kita melihat banyak ragam gelas atau cangkir yang dipajangkan, ada yang berornamen ke-emasan, ada yang dari bahan porselen bermutu tinggi, dsb. 

Sahabat, sebenarnya fungsi gelas dan cangkir itu adalah sama, yaitu untuk minum. Akan tetapi mengapa dibuat gelas dan cangkir yang indah-indah dan ada yang berharga mahal ? Mengapa pula banyak diantara kita menyukai membeli gelas atau cangkir yang indah dan mahal ? Jawabannya adalah : karena kita senantiasa menginginkan yang terbaik untuk kita. Siapapun juga selalu menginginkan yang terbaik, dan ini tidak terbatas pada gelas dan cangkir saja melainkan juga termasuk mendapatkan pekerjaan terbaik, jabatan terbaik, gaji terbaik, rumah dengan lokasi terbaik, mobil terbaik, istri terbaik, bahkan sampai anak dengan prestasi sekolah terbaik. 

Kemudian, apakah salah kalau kita menginginkan yang terbaik ? Tentunya tidak ada yang salah ! sebab adalah menjadi salah satu hak kita untuk mendapatkan yang terbaik. Tetapi alangkah baiknya apabila kita tidak selalu menginginkan yang terbaik. Lho mengapa demikian ? 

Baiklah, marilah kita coba uraikan dari sebuah cangkir. 

Sebuah cangkir porselen yang mahal berasal dari tanah liat. Siapapun tahu bagaimana rupa dan bentuk tanah liat. Tanah liat mempunyai bentuk yang sungguh jelek, membuat tangan kotor. Hanya saja, berkat ketrampilan tangan maka tanah liat yang tidak berharga menjadi sebuah cangkir porselen yang indah dan berharga mahal. 

Selanjutnya, kalau kita memilih membeli gelas atau cangkir yang mahal, apakah ini akan membuat minuman yang kita minum menjadi lebih enak ? atau apakah teh yang kita minum dari gelas biasa akan menjadi lebih enak apabila diminum dari cangkir proselen yang berlapis emas ? Tentunya tidak ada perubahan rasa teh. Kalau teh-nya sudah enak maka diminum dengan cangkir apapun juga akan menjadi ini. 

Jadi apakah yang bisa kita simpulkan ? 

Adalah lebih baik membuat yang sederhana menjadi sesuatu yang terbaik daripada mendapatkan yang terbaik tetapi tidak memberikan nilai tambah apapun. Kalau teh-nya sudah tidak enak, maka akan tetap tidak enak meskipun diminum dengan cangkir yang berlapis emas. 

Sama hal-nya dengan diri kita ini. Apabila dari usaha yang kita lakukan saat ini bisa memberikan hasil luar biasa untuk kita dan orang yang kita sayangi, maka untuk apa kita melakukan usaha yang luar biasa sementara hasilnya biasa-biasa saja dan tidak bisa membawa kebahagiaan untuk kita dan orang yang kita sayangi. Idealnya memang adalah melakukan hal luar biasa dengan hasil luar biasa; tetapi akan lebih luar biasa apabila kita bisa membuat yang sederhana menjadi luar biasa. 

Mulailah mengawali dengan yang sederhana dan buatlah menjadi luar biasa. 


(by A.C. Huang)

No comments:

Post a Comment