Saturday, February 5, 2011

REUNION & SURPRISES ...

Kata tersebut juga bisa diartikan sebagai 'pertemuan kembali'. Dan siapa yang bisa membayangkan seperti apa pertemuan tersebut terjadi, setelah orang-orang yang terkait di dalamnya 'lost communication' sekitar 32 tahun lebih?


Tuhan selalu memberikan kita berbagai macam kejutan. Tiap kejutan tentunya mempunyai makna tersendiri. 'Surprises' dari teman-teman dan kerabat seringkali bisa dipradugakan apabila kita cukup mempunyai kepekaan. Tetapi 'surprise' dari Allah SWT tidak bisa diperkirakan sama sekali.


Dan itulah yang terjadi pada bulan Januari 2011. Setelah lebih dari 32 tahun, Allah kembali mempertemukan saya dengan dua orang sahabat - kakak beradik Ina dan Ita. Seminggu setelah pembicaraan melalui telepon, kami bertemu dan menghabiskan 6 jam berikutnya dengan obrolan - baik tentang masa lalu, maupun saat kini.


Apa yang istimewa dari 'reunion' ini? Secara fisik, memang cukup banyak. Usia yang sudah bertambah? Kalau dulu mereka masih remaja, kini anak-anak merekalah yang remaja. Sifat? Ina yang dulu saya kenal sebagai seorang gadis bersifat dewasa dan pendiam, tidak banyak mengalami perubahan. Kedewasaan dan kata-katanya masih tetap Ina yang dulu. Ita, yang dulu adalah seorang gadis yang periang, cerewet, selalu membuat suasana meriah pun, masih belum banyak berubah. Lalu apa yang berubah dari keduanya? Kedewasaan yang semakin matang, karena kehidupan yang mereka arungi selama ini. Itulah yang saya kagumi dari keduanya kini. Mereka menjadi wanita-wanita dewasa yang sangat matang memandang kehidupan ini. Mereka menjadi orang tua yang penuh tanggung jawab. Dan mereka selalu berusaha memberikan yang terbaik bagi putera-puteri mereka.


Betapa besar karunia Allah kepada kita semua.


Belum cukup kejutan itu rupanya. Minggu lalu, tiba-tiba saya menerima SMS dari seorang kerabat yang sudah 2 tahun lebih tidak berkirim kabar. Selama ini saya kehilangan informasi tentang dirinya, bahkan di mana dia berada dan lain sebagainya. Dia berkirim SMS karena hari itu dia baru saja menjalani wawancara pekerjaan, dan secara kebetulan yang mewawancarainya menyebut nama saya. Ketika saya tanyakan kabarnya, dia sempat bilang bahwa dia ingin bertemu saya dan menceriterakan berbagai kejadian kehidupannya selama 2-3 tahun belakangan ini.


Bukankah ini juga sebuah 'surprise' bagi saya? Kejutan kedua yang diberikan Allah kepada saya sejak memasuki 2011. Entah sesudah ini, kejutan apa lagi yang akan diberikan oleh Nya. Saya hanya berharap bahwa saya selalu siap menerima 'surprise' tersebut, dan mampu mensyukurinya dengan baik.


Semoga ini semua menjadi bekal kehidupan saya. Karena saya sudah sering berdoa, menitipkan sisa hidup saya kepada Nya, menunggu dan memohon perkenan Nya maupun Ridho Nya. Amin.

No comments:

Post a Comment