Monday, February 14, 2011

CITRA di Public Relations

CITRA BAYANGAN (mirror image)
Citra yang melekat/dianut pda orang dalam (publik internal) mengenai anggapan pihak luar tentang organisasi/perusahaannya.
Citra ini seringkali tidak tepat, bahkan hanya sekedar ilusi, sebagai akibat dari tidak memadainya informasi, pengetahuan atau pun pemahaman yang dimiliki oleh kalangan dalam organisasi/perusahaan tersebut. Citra ini cenderung positif - bahkan terlalu positif - karena kita biasa membayangkan hal yang serba hebat dan 'manis' mengenai diri sendiri.

CITRA YANG SEKARANG (current image)
Kebalikan dari citra bayangan. Suatu citra atau pandangan yang melekat ada pihak luar (publik eksternal) mengenai suatu organisasi/perusahaan. Jarang sesuai dengan kenyataan karena semata-mata terbentuk dari pengalaman atau pengetahuan pihak luar (publik eksternal) yang biasanya tidak memadai. Cenderung negatif, penuh prasangka, apatis, keacuhan, sinis dll - apalagi kalau sudah pernah mendengar/mengalami pengalaman yang tidak menyenangkan.

CITRA YANG DIHARAPKAN (wish image)
Suata citra yang diinginkan oleh pihak manajemen perusahaan/pengurus organisasi. Juga tidak sama dengan citra yang sebenarnya - lebih baik, lebih menyenangkan - dan citra yang terasa terlalu baik juga bisa merepotkan. Citra harapan ini berkonotasi positif. Biasanya dirumuskan diperjuangkan untuk menyambut yang sesuatu yang rekatif baru, yakni ketika khalayak (publik) belum memiliki informasi yang memadai mengenai organisasi/perusahaan.

CITRA KORPORAT (corporate image)
Atau citra lembaga - citra secara keseluruhan, jadi bukan citra atas produk atau pelayanannya. Terbentuk oleh banyak hal, a.l. sejarah pendiriannya, keberhasilan-keberhasilan di bidang keuangan,permodalan atau produksinya, eksor, hubungan industri yang baik, reputasi dalam bidang ketenagakerjaan, inovasi, komitmen terhadap dunia penelitian, pelayanan yang prima dlsb.

CITRA MAJEMUK (multiple image)
Setiap organisasi/perusahaan biasanya memiliki beberapa unit.bagian yang masing-masing mempunyai perangai/perilaku sendiri - yang sengaja atau tidak, melahirkan citra tersendiri yang belum tentu sama dengan citra organisasi/perusahaan. Variasi citra ini harus ditekan seminimal mungkin dan citra organisasi/perusahaan secara keseluruhan harus ditegakkan. Antara lain dengan pemakaian seragam, jenis dan warna mobil dinas, bentuk tempat usaha yang berciri khas sama, lambangl-lambang tertentu - mis. di maskapai penerbangan, hotel dll. - ini hubungannya dengan 'corporate identity'.

No comments:

Post a Comment