CORPORATE
EVENT MANAGEMENT adalah pengetahuan/ketrampilan (skill) tentang manajemen (pengelolaan) penyelenggaraan acara-acara
(events) keperluan
korporat/perusahaan (corporate),
termasuk organisasi, institusi, lembaga dan sejenisnya.
Di
International Dictionary of Event Management yang diterbitkan oleh John Wiley
& Sons Inc., corporate event
didefinisikan sebagai “suatu acara (event)
yang disponsori/diprakarsai oleh perusahaan untuk mencapai suatu tujuan dan
sasaran tertentu, seperti menyenangkan pelanggan, memperkenalkan, dan
mempromosikan produk atau jasa baru, memberikan insentif atau pelatihan untuk
karyawan, serta kegiatan perusahaan lainnya.”
Masih
banyak EO (event organizer) yang
menganggap bahwa corporate event itu
mudah dikerjakannya; sama seperti events
lainnya, hanya saja non-commercial. Padahal
ada banyak aspek dan faktor yang seringkali terlewatkan oleh para EO, dan
bahkan tidak mereka sadari dan kuasai dengan baik.
Corporate
Events seringkali diremehkan para penyelenggaranya dan dianggap mudah
pelaksanaannya. Padahal ada tanggung jawab yang sangat beresiko di sana ...
yakni citra (image)
perusahaan/organisasi yang menjadi host/owner
acara tersebut. Penyelenggara bertanggung jawab menjaga citra tersebut tanpa
terkecuali. Siapapun yang menjadi penyelenggara acara tersebut !
Di
samping itu masih ada aspek-aspek budaya perusahaan (corporate culture), nilai bersama kelompok (community collective values), budaya kerja personil perusahaan (working culture), jejaring perusahaan
di dalam industri (corporate &
business network), dan aspek yang sangat perlu memperoleh perhatian … apa
saja program korporat yang diperlukan (corporate
program).
Budaya perusahaan mempengaruhi cara
orang berfikir dan proses kerja mereka sehari-hari, maupun cara mereka
berhubungan dengan orang lain. Memperkuat budaya perusahaan yang sudah ada atau
menciptakan yang baru membutuhkan dedikasi dari senior management, didukung dengan top-down approach pada semua aspek kehidupan perusahaan. Corporate event digunakan untuk
mengkomunikasikan dan memperkuat falsafah tersebut melalui berbagai
kegiatan/acara seperti pelatihan (in-house
training), penghargaan bagi karyawan (appreciation
reward), maupun anniversaries.
Tidak
semua perusahaan setuju dengan falsafah “work
hard, play hard”. Karena budaya perusahaan melibatkan nilai-nilai,
lingkungan, ritual, jaringan dan kepribadian. Karena corporate event yang baik akan memperkuat dan melegitimasi budaya
perusahaan yang ada, dan sebaliknya keberhasilan corporate event tergantung pada kendala dan peluang yang ada di
dalam budaya perusahaan.
EO
atau penyelenggara wajib merancang sebuah corporate
event yang dapat memenuhi dan mencakup semua tujuan kepentingan klien
(perusahaan/organisasi/lembaga/institusi) dan sesuai/sejalan dengan budaya
korporat tersebut. Tolong diingat bahwa perusahaan memanfaatkan event tersebut sebagai sarana
mengkomunikasikan pesan perusahaan. Dan ketika “pesan” tersebut sampai dengan
tepat ke semua karyawan (dan keluarga mereka) maupun mitra bisnis perusahaan,
maka tanpa disadari event tersebut
telah memperluas employee’s pride,
ambitious, ego dan bahkan productivity
motivation mereka.
Peran
dan lingkup corporate event sangat
bervariasi, mulai dari single-event
sampai multi-event di bawah satu tema
yang memayunginya. Untuk dapat mengevaluasi keberhasilan sebuah corporate event, harus ada pernyataan
tujuan yang terukur. Tujuan tersebut harus dievaluasi terus menerus pada setiap
tahapan perencanaan event (pre-event period/event planning period)
untuk memastikan apakah tujuan awalnya tetap tidak bergeser.
Corporate programme biasanya:
·
Dibuat berdasarkan berbagai
kebutuhan internal & eksternal perusahaan/organisasi
·
Event adalah salah satu
jenis Corporate Promotion & Public
Relations Programme (below-the-line / direct approach)
·
Event diusulkan berdasarkan
temuan2 perusahaan/organisasi melalui SWOT
Analysis yang memerlukan program below-the-line,
atau perpaduan program non-event
dengan event
·
Disusun tahunan untuk
kebutuhan penyusunan anggaran perusahaan dll.
No comments:
Post a Comment